Rabu, 05 April 2017

CONTOH LAPORAN PANTI SOSIOAL TRESNA WERDHA (PSTW) “MINAULA” KENDARI – SULAWESI TENGGARA


LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II
MAHASISWA JURUSAN DAKWAH
  PROGRAM STUDI BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM
TAHUN AKADEMIK 2017/2018
PANTI SOSIOAL TRESNA WERDHA (PSTW)
 “MINAULA” KENDARI – SULAWESI TENGGARA


DISUSUN OLEH :
SUTARNO
14030102012



FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH
PROGRAM STUDI BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KENDARI
TAHUN 2017







DEPARTEMEN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KENDARI
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
DI PSTW MINAULA KENDARI
 


HALAMAN PENGESAHAN

            Dengan rahmat dan hidayah Allah Subhanahu Wata`ala, kami mengesahkan laporan kegiatan Praktek Pengamalan Lapangan (PPL) II ini yang disusun oleh mahasiswa atas nama Agung Syutiawan dengan NIM: 14030102001. Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Jurusan Dakwah, Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari yang telah menyelesaikan kegiatanPPL II, yang dimulai pada bulan Januari sampai dengan Maret 2017, yang bertempat di Panti Sosiaol Tresna Werdha “Minaula” Kendari.
            Kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan baik sebagaimana diuraikan dalam laporan PPL II berikut ini.

Disahkan:
Kendari,....Maret 2017           

KA.  UPT PSTW MINAULA KENDARI                                        Pembimbing



DR. SYAMSUDDIN.S.ST                              Akhmad Sukardi, S.Ag., M.Sos.I
NIP. 19640415 199103 2 011                                                NIP.197212042000031001

Mengetahui

Ketua Prodi BPI



Hasan Basri, S.Ag., M.Pd.I
NIP. 197502102003121002




Kata Pengantar
بسم الله الرّحمن الرّحيم
الحمد لله ربّ العلمين و به نستعين على أمور الدّنيا و الدّين, و الصّلاة و السّلام على نبيّنا محمّد, خاتم الأنبياء و إمام المرسلين صلّى الله عليه و سلّم, و على آله و أصحابه أجمعين و من سار على طريقتهم إلى يوم الدّين, أمّا بعد.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, Salawat serta salam senantiasa kami haturkan kepada junjungan Nabi besar, Muhammad Shallallahu `alaihi wasallam, serta keluarga, sahabat, juga ummatnya yang setia diatas jalan-Nya hingga hari kiamat kelak.
Tulisan ini merupakan laporan atas berakhirnya pelaksanaan PPL II di Panti Sosial Tresna Werdha pada jurusan Dakwah, Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Kendari. Saya menyadari sepenuhnya bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Dalam penulisan laporan ini banyak pihak yang telah berjasa dalam membantu moril maupun materi untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya di tujukan kepada:

1.      Kedua orang tua penulis yang telah mengasuh, mendidik dengan penuh kesabaran dan memberikan keteladanan yang baik serta Do’anya yang tiada henti sehingga mampu menjadi insan yang diharapkan mampu mengamalkan nilai-nilai syariat Islam dengan penuh keikhlasan, dan memberikan bantuan berupa moril dan materil dalam pelaksanaan studi kami di IAIN Kendari.

2.      Rektor IAIN Kendari Bapak Dr. H. Nur Alim, M.Pd, yang baru saja mengalihkan status dari STAIN menjadi IAIN menuju perguruan tinggi yang berkualitas dan berharga di mata masyarakat, khususnya masyarakat Sulawesi Tenggara.
3.      Dekan Fakultas Ushuluddin,Dakwah dan Dakwah Bapak Drs. Amri, M.Th.I, yang telah berusaha dengan segala kesungguhan dalam mengembangkan FUAD dan memberikan kesempatan kepada penulis untuk ikut serta menuntut ilmu di dalamnya.
4.      Ketua Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) Bapak Hasan Basri, S.Ag.,M.Pd.I yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis.
5.      Kepala Panti Sosial Tresna Werdha “Minaula” Kendari Bapak Dr. Syamsuddin.S.ST, yang telah menerima kami dengan sambutan yang begitu baik dan mengizinkan kami PPL II di PSTW “Minaula” sebagai tempat praktek.
6.      Dosen Pembimbing Bapak Akhmad Sukardi, S.Ag., M.Sos.I, yang telah membantu memberikan banyak pengarahan kepada kami sehingga dapat melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) II ini dengan baik..
7.      Seluruh pihak yang telah membantu serta rekan-rekan Mahasiswa PPL II Fakultas Dakwah, utamanya pegawai-pegawai yang bertugas di Panti Sosial Tresna Werdha “Minaula” Kendari yang telah membantu dan bekerjasama dengan baik.


Penulis berharap semoga Allah SWT, menerima semua amal ibadah kita, memberikan pahala yang setimpal atas segala kebaikan yang telah mereka berikan kepada kami dan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri, pihak sekolah, IAIN Kendari dan parapembaca lainnya.Amiin Allahumma Amin.

Kendari, …Maret  2017
Mahasiswa PPL



SUTARNO
NIM. 14030102012

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA “MINAULA” KENDARI merupakan penjabaran secara utuh dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus juga sebagai mata kuliah yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa pada program studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) IAIN KENDARI.
Seorang kanselor perlu mempersiapakan diri dengan ilmu pengetahuan yang mantap, salah satunya adalah dengan cara melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan  ( PPL ) II pada salah satu instansi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Praktek Pengalaman Lapangan ( PPL ) II merupakan salah satu rangkaian mata kuliah yang harus diselesaikan pada mahasiswa program studi  Bimbingan Konseling Islam Jurusan Dakwah sebelum menyelesaikan kuliahnya di IAIN.
B.     Tujuan
Adapun tujuan pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) II adalah sebagai berikut :
1.      Untuk menyelesaikan salah satu Mata Kuliah Dasar pada Jurusan Dakwah Program Studi Bimbingangan Konseling Islam IAIN kendari.
2.      Untuk mengaplikasihkan ilmu Konseling yang telah diperoleh selama mengikuti perkuliahan pada Jurusan Dakwah IAIN kendari.
3.      Untuk menambah wawasan dan pengalaman kerja di PSTW “Minaula” Kendari.

C.    Waktu dan Tempat
Praktek Pengalaman Lapangan ( PPL ) II ini, mulai dilaksanakan pada tanggal 30 januari 2017 sampai tanggal 30 Maret 2017 dan dilaksanakan di PSTW “MINAULA” KENDARI
Praktek pengalaman lapangan ( PPL) II merupakan salah satu rangkaian mata kuliah yang harus diselesaikan setiap mahasiswa program studi Bimbingan Konseling Islam sebelum menyelesaikan studinya di IAIN KENDARI.
















BAB II
GAMBARAN UMUM PANTI SOSIAL TRESNA WREDHA “MINAULA” KENDARI
A.    Gambaran Umum Panti Sosial Tresna Wredha Minaula Kendari

1.             Sejarah Berdirinya Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari
Panti sosial ini berdiri sejak tahun 1979/1980 dan diresmikan oleh Menteri Sosial Republik Indonesia yaitu bapak Saparjo dengan nama Sasana Tresna Werdha Minaula Kendari (STW Minaula Kendari) pada tanggal 07 Desember 1981 dengan jumlah lanjut usia yang disantuni sebanyak 20 orang. Pada sekitar tahun 1994/1995, Sasana Tresna Werdha (STW) berubah nama menjadi Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Minaula Kendari dengan jumlah santunan 100 orang lanjut usia.
Didalam era otonomi daerah, PSTW “Minaula” Kendari berubah pula namanya menjadi UPTD (Unit Pelaksanaan Teknis Dinas) PSTW Minaula Kendari yang dalam operasionalnya bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara dalam jumlah santunan turun menjadi 90 orang lanjut usia disesuaikan dengan kemampuan daerah, hal tersebut berdasarkan peraturan Gubernur Prov. Sultra No.72 tanggal 09 Desember 2008. Kemudian pada perkembangan selanjutnya akhirnya UPTD PSTW Minaula Kendari pembinaannya dikembalikan kepada Pemerintah Pusat yakni Kementerian Sosial RI sehingga sejak tanggal 01 Januari 2013, UPTD PSTW Minaula Kendari berubah nama menjadi UPT Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari yang dalam operasionalnya bertanggung jawab langsung Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial melalui Direktorat Pelayanan Sosial Lanjut Usia Kementerian Sosial Republik Indonesia.


2.             Letak Geografis
Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari terletak di Desa Rahaona Kecamatan Ranomeeto Kab. Konawe Selatan yang memiliki lahan seluas ±3 Ha dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
a.       Sebelah Utara berbatasan dengan Jalan Poros Bandara
b.      Sebelah Timur berbatasan dengan pemikuman penduduk
c.       Sebelah Selatan berbatasan dengan pemukiman penduduk
d.      Sebelah Barat berbatasan dengan sebidang tanah kosong.
3.             Sarana Prasarana
Panti sosial Tresna Werdha Minaula Kendari didirikan diatas sebidang tanah seluas ±3 Ha. Sebahagian besar dari luas tersebut yakni kira-kira ±2 Ha telah digunakan bagi pembangunan fasilitas perkantoran, asrama para pelayanan, poliklinik, rumah ibadah dan fasilitas yang menunjang pelaksanaan pembinaan lanjut usia dalam panti. Sedangkan sisanya yakni ±1 Ha dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan rekreatif dan ekonomi produktif berupa perkebunan sayur-sayuran, tempat pemeliharaan peternakan ayam, serta tempat pemeliharaan ikan air tawar. Selain sarana bangunan, Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari juga dilengkapi dengan sarana transportasi (mobil 3 unit dan motor 3 unit).
Panti  Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari memiliki 12 wisma dan 1 ruang isolasi sebagai tempat bernaung bagi para orang tua yang tinggal di tempat tersebut. Ke 13 ruangan tersebut dihuni oleh sebanyak 95 orang yakni berjumlah 45 laki-laki dan 50 perempuan.





4.      Struktur Organisasi

 














Sumber : Profil PSTW Minaula Kendari
Dalam melaksanakan kegiatan pelayanan sosial, UPT Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari memiliki sumber daya manusia sebanyak 52 orang yang meliputi :
a.       Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 19 orang yang terdiri dari: Kepala UPT, Kasubsie PAS, Kasubsie Pelayanan, Bendahara, Pengadministrasian Kepegawaian, Peksos Pelaksana Lanjutan, pengadministrasian Anggaran Belanja, Penata Laporan BMN, Pemulasara Jenazah, Pembimbing Psikologis, Peksos (7 orang), dan Pensos (2 orang).
b.      Pegawai Honorer sebanyak 35 orang yang terdiri dari : Bagian Umum (5 orang), Perawat Kesehatan (6 orang), Pramu werdha (5 orang), Tenaga Ahli Gizi (1 orang), Tenaga Satpam (4 orang), Tenaga Juru Masak (3 orang), Tenaga Tukang Cuci (2 orang), Tenaga Tukang Kebun (3 orang), Cleaning Service (4 orang), dan Tenaga Sopir (2 orang).
5.      Keadaan Pembimbing
Pembimbing atau Pembina agama Islam di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari adalah Bapak Haba Ladati.Beliau adalah pensiunan yang berasal dari Desa Mowila.Beliau menjadi pembimbing agama Islam sejak tahun 2011 sampai sekarang atas perintah Bapak H.Arifuddin selaku Kepala PSTW Minaula Kendari pada saat itu. Walaupun di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari yang beragama Islam juga ikut serta membagikan pemahaman agama yang mereka ketahui kepada para lansia.
6.      Keadaan Klien
Jumlah lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari adalah 95 orang dimana jumlah lansia laki-laki adalah 45 orang dan jumlah lansia perempuan adalah 50 orang. Dilihat dari segi agama, mayoritas penghuni panti beragama islam yaitu sebanyak 92 orang dan yang beragama kristen berjumlah 3 orang.
Lanjut usia menurut tingkat usia adalah sebagai berikut :
Tabel 1
No.
Kelompok Umur
Frekuensi
Persentase %
  1.  
60-74
62
65%
  1.  
75-90
31
33%
  1.  
>90
2
2%
Jumlah
95
100%
                        Sumber : Data Register Bulan februari 2017
Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa sebagaian besar lansia yang tinggal di panti sosial adalah lansia yang berumur antara 60-74 tahun yang dipersentasi sekitar 65 %, sedangkan yang berumur 75-90 sekitar 33% dan yang mencapai usia diatas 90 tahun hanya 2%, akan tetapi umur yang belum terlalu tua tidak menjamin kesehatannya  baik karena hal tersebut tergantung dari pola hidup.
Sedangkan jumlah lansia berdasarkan tingkat pendidikan di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari adalah sebagai berikut :
Tabel 2
No.
Pendidikan
Frekuensi
Persentase
1.
Tidak Tamat SD
42
45 %
2.
SD
45
47 %
3.
SMA
8
8 %
Jumlah
95
100 %
Sumber : Data Register Bulan Februari 2017
Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa jumlah lansia yang tidak tamat SD di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari berjumlah 42 orang atau sekitar 45% dan lansia yang tamat SD berjumlah 45 orang atau sekitar 47%, sedangkan selebihnya adalah yang tamat SMA berjumlah 8 orang atau sekitar 8% maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pendidikan mereka masih tergolong rendah.
7.      Jenis Pelayanan
Jenis pelayanan yang diberikan kepada klien dalam panti adalah :
a.       Kegiatan pelayanan sosial, yang meliputi :
1.      Pengasramaan
2.      Pelayanan pangan (makan)
3.      Pelayanan sandang
4.      Pelayanan kesehatan (check up kesehatan dan pengobatan)
5.      Pelayanan pemakaman (pengurusan jenazah)
b.      Kegiatan pelayanan bimbingan, yang meliputi :
1.      Bimbingan fisik     : senam lansia dan jalan santai
2.      Bimbingan mental spiritual  :
a.       Pengajian
b.      Tahlilan
c.       Shalat berjamaah
d.      Khutbah jum’at
e.       Motivasi kebaktian ke gereja


















BAB III
KEGIATAN PPL
A.    Kegiatan Bimbingan
No
Bimbingan/Kegiatan
Waktu/Jam
Hari
Ket










1
Bimbingan Agama
1 : 30
Senin Dan kamis

2
Pendampingan (intensif dengan pendekatan personal) Konseling individu & kelompok
2 - 3
Selasa dan rabu

3
Olahraga & Khutbah Jum`at
8 – 10:30
Jum`at

4
Kegiatan – kegiatan lain untuk terapi (hiburan para lansia) misalkan Menonton film dll.
2 : 30
Sabtu

5
Lomba untuk para lansia

Hari terakhir PPL di PSTW Minaula Kendari


B.     Kegiatan individu
Dalam pelaksanaan ppl dipstw “minaula” kendari penulis memfokuskan pada satu permasalahan yakni masalah hiper sex. Yang kita sama ketahui bahwa lansia yang sudah tua kekuatan fisiknya sudah tidak kuat lagi terlebih lagi dengan organ vitalnya yang tidak mampu berhubungan. akan tetapi,permasalahan ini terjadi kepada kakek yang berusia 74 tahun yang selalu melakukan hal-hal yang berbaur sex dan tidak pernah memakai baju,celana dalam,nonton film yang dia suka sehingga dia merasa ada rangsangan dari film itu dan bahkan dia hanya memakai sarung.
Berdasarkan hasil konseling selama kurang lebih 2 bulan di Pstw “minaula” kendari memberikan hasil sebagai berikut :
Konseli
*      Nama                : Bk, 74 tahun.
*      jenis masalah     : hiper sex
*      Alamat                          : lalonggombu bagian kapal, alamat sekarang diPstw “minaula” kendari
            Kakek Bk adalah lansia yang tinggal dipstw”minaula”kendari,awal dia kejompo dia ditemukan oleh pegawai pstw “minala” kendari yang identitas pegawai dia lupa. Dan saat ini dia sudah tinggal dijompo  kurang lebih 7 tahun lamanya dia ditinggal istri pertama karna sakit (meninggal). Dan selama satu bulan dia dijompo dia menikah dengan istri keduanya yang dia tidak sebutkan namanya,kekek Bk menikah selama 1 bulan saja lalu dia menceraikan istrinya karena istrinya ini suka mengatur dirinya dan ternyata kakek bk tidak suka diatur.
            Dari permasalahan diatas kakek Bk ini mengatakan bahwa dari situlah awal dia  tidak pernah merasakan sex lagi. Dan cenderung ingin melakukan sex akan tetapi tidak punya istri.
            Permasalahan yang sesungguhnya adalah dia selalu mengajak lansia wanita yang ada dipanti untuk berhubungan intim tanpa status perkawinan.dan cenderung memakai kekerasan ketika lansia wanita melawan. Dan inilah yang menjadi keresahan para lansia yang ada dijompo.mereka takut ketika berjalan diluar wisma lalu bertemu dengan kakek Bk ini. Karena kakek Bk selalu siap berhubungan dia tidak pernah memakai baju dan hanya bermodalkan sarung saja yang ada ditubuhnya.
            Dari proses konseling ini saya selalu membuat dia sibuk dengan banyak mengajak dia berdialog dan membuat kegiatan seperti meminta kakek menunjukkan gerakan silat yang dia ketahui dan selalu mengajak dia berfikir positif.tidak memikirkan hal-hal yang berbaur sex dan tidak menonton film. Kakek Bk ini saya selalu ajak dia kemesjid agar dia bergerak dan melupakan fikiran-fikiran sex yang dia sudah tanamkan dalam dirinya dan proses konseling ini akan terus berlanjut hingga dia kembali normal.
C.    Kendala- Kendala
1.      Peserta ppl kurang di perhatikan oleh pihak jurusan maupun dosen pembimbing karena mereka mempunyai banyak kesibukkan
2.      Peserta ppl kurang efektif dalam melaksanakan kegiatan Dipstw “minaula” kendari karena bertepatan dengan waktu kuliah.


     BAB IV
   PENUTUP
A.    Kesimpulan
Setelah melakukan kegiatan praktek Pengalaman lapangan (PPL) II di Pstw “Minaula”kendari. Maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.             Kegiatan, PPL bagiMahasiswa  IAIN Kendari, Khususnya bagi penulis merupakan  suatu pengalaman dalam mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh selama dibangku perkuliahan, sehingga dengan adanya PPL II ini, Mahasiswa secara tidak langsung dia sebagai Konselor yang dapat membimbing konseli/lansia agar dapat memahami dan mengarahkan dirinya sendiri dan dapat bertindak sesuai dengan tuntunan agama islam dan keadaan lingkungan masyarakat.
2.             PSTW “Mianula” Kendari, sebagai salah satu instansi pembinaan lansia yang ada di Sulawesi tenggara yang telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai, sehingga menjadi rumah kedua bagi para lansia yang ada dipstw dan lansia yang tidak punya keluarga menjadi punya keluarga baru.
B.     Saran
Sesuai dengan pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Pstw “minaula” kendari penulis dapat memberi saran sebagai berikut
1.      Agar pelaksanaan PPL dapat berlangsung baik maka pembekalan dari Fakultas dakwah IAIN KENDARI yang diberikan kepada mahasiswa perlu ditingkatkan semaksimal mungkin.
2.      PPL merupakan tempat menimbah ilmu di instansi tempat kita praktek maka dari itu pihak fakultas harus mendatangkan pihak instasi terkait di tempat mahasiswa PPL nantinya.
3.       PPL merupakan teori aplikasi yang sangat besar manfaatnya oleh sebab itu kepada rekan-rekan mahasiswa yang lain lebih aktif dan berpartipasi semaksimal mungkin.
4.      Agar potensi mahasiswa khususnya mahasiswa BPI dapat berkembang sesuai dengan skillnya diperlukan adanya ruangan khusus dilingkungan lembaga IAIN KENDARI sebagai tempat praktek sebelum kita diterjungkan langsung kelapangan.




















DOKUMENTASI
DIISI DENGAN FOTO FOTO KEGIATAN YANG ANDA KERJAKAN
                                                                 


1 komentar:

  1. Baccarat, Cards & Dice - Borgata
    A standard 52 card poker table. A standard หาเงินออนไลน์ 52 바카라 card poker deccasino table. A standard 52 card poker table. A standard 52 card poker table. A standard 52 card poker table. A standard 52 card poker table. A standard

    BalasHapus